PERBEDAAN INTEL SKYLAKE & INTEL KABYLAKE

PERBEDAAN INTEL SKYLAKE & INTEL KABYLAKE


Kaby Lake dan Canonlake  adalah kode dari prossesor intel generasi selanjutnya yang masing-masing menggunakan fabrikasi 14nm dan 10nm. 
Kedua prossesor ini seharusnya diluncurkan ditahun yang sama sesuai dengan strategi tik tok dari intel. Kabylake sebagai tik, sedangkan Cannonlake sebagai tok. Kemudian Intel mengumumkan bahwa Cannonlake, arsitektur prosesor Intel yang menggunakan fabrikasi 10 nm, baru bisa dinikmati di paruh kedua tahun 2017 mendatang. Sebagai gantinya, untuk tahun 2016, Intel menyiapkan Kabi Lake, arsitektur ketiga setelah Broadwell dan Skylake yang menggunakan fabrikasi 14 nm.
Intel menyebutkan bahwa proses produksi transistor 10 nm tampaknya membutuhkan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Tampaknya, karena tidak ingin merilis produk “setengah jadi” ke publik, Intel memilih untuk menyimpang dari filosofi “tick tock” dengan merilis arsitektur baru dengan fabrikasi 14 nm untuk tahun 2016 mendatang. Selain itu, Intel tampaknya juga khawatir stok prosesor 10 nm akan sangat terbatas di pasar bila produksi wafer 10 nm masih belum sempurna.
Kaby Lake sendiri disebut akan membawa peningkatan performa bila dibandingkan dengan Skylake (generasi sebelumnya). Karena dibangun dengan basis Skylake, Kaby Lake tampaknya akan tetap menggunakan soket yang sama, LGA 1151, dengan Skylake. Namun, tidak diketahui apakah Kaby Lake ini nantinya akan menjadi Core i 7th Generation atau sekedar “refresh” dari Core i 6th Generation. 

Kaby Lake 


Kaby Lake, adalah proseosr generasi ke-7 dari Intel yang diproyeksi menjadi penerus Skylake (6th Gen). Tidak ada perubahan dari penggunaan socket prosesor, yaitu LGA 1151. Namun, prosesor ini akan didukung oleh chipset motherboard Intel 200 Series. Skylake sendiri didukung oleh chipset Intel 100: Z170, H110, H170, dan B150.
Secara arsitektur, Intel Kaby Lake menjadi prosesor ketiga yang menggunakan fabrikasi 14 nm, setelah Broadwell dan Skylake. Kaby Lake mendukung penyematan RAM DDR4-2400 dan DDR3-1600, ditambah dengan teknologi Intel Optane SSD.

Berikut Spesikasi Intel CPU Kaby Lake :

14 nm manufacturing process
LGA 1151 socket
200 Series chipset (Union Point)
Thermal design power (TDP) up to 95 W (LGA 1151)
Support for both DDR3L SDRAM and DDR4 SDRAM in mainstream variants, using custom UniDIMM SO-DIMM form factor
Support for 16 PCI Express 3.0 lanes from CPU, 24 PCI Express 3.0 lanes from PCH (LGA 1151)
Support for Thunderbolt 3
64 to 128 MB L4 eDRAM cache on certain SKUs
Up to four cores as the default mainstream configuration
Support for Intel Optane Technologya
Full fixed function HEVC Main10/10bit decoding acceleration & VP9 10bit decoding acceleration.
Introduce 256 byte block cache line for L1 cache(twice of bandwidth from Haswell and Skylake), L2 cache is still remain 256 byte cache line(512 byte in prefetch mode).

Cannonlake


Sama seperti Kaby Lake, Cannonlake adalah proseosr generasi ke-7. Mirip dengan pendahulunya Cannonlake menggunakan jenis soket prossesor, dan chipset motherboard yang sama seperti Kaby Lake. 
Dari segi arsitektur Cannonlake merupakan prossesor pertama yang akan menggunakan fabrikasi 10 nm. CannonLake juga mendukung teknologi Optane yang merupakan teknologi optimalisasi dari jenis memory non-volatile.

Spesifikasi Lengkap Cannonlake:

200 Series chipset (Union Point)
Thermal design power (TDP) up to 95 W (LGA 1151)
Support for Intel Optane Technology

Tabel Perbandingan Intel Cannolake dengan generasi sebelumnya


Semoga Artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Comments

Popular Posts